Kamis, 24 November 2011

Ekologi Tumbuhan


Plant Ecology by Group 1

Presenter: Eko and Fauzi
Moderator: Hasan Ibrahim

Dari presentasi kelompok 1 yang melakukan presentasi pada tanggal 24 november 2011 dapat dibuat ringkasan sebagai berikut:

Ekologi tumbuan adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara tumbuhan dengan lingkungannya  serta antara kelompok – kelompok tumbuhan. kajian ekologi meliputi:

  • autekologi, yaitu suatu bagian ekoogi yang mempelajari suatu interaksi satu organisme dengan lingkungannya dan bersifat filosofi. 
  • sinekologi, yaitu suatubagian ekologi yang mempelajari interaksi elompok organisme yang berinteraksi dengan lingkungannya dan bersifat eksperimental.
Adapun aspek pokok ekologi antara lain:   
  • Agronomi yang  mencangkup tentang cara pengelolaan tanaman  
  • Fisiologi tumbuhan yang mencakup tentang metabolisme yang ada di dalam tumbuhan
  • Klimatologi pertanian yang mencangkup iklim atau keadaan dalam lingkungan pertanian
Hasil Diskusi:
 

Pertanyaan 1: Bagaimana mempertahankan ekologi hutan yang stabil?
Jawaban: yaitu dengan cara: megontrol penebangan hutan; mengadakan reboisasi; memperketat penjagaan kawasan hutan dengan adanya polisi hutan; pemetaan hutan; memberikan edukasi kepada warga setempat dengan cara autovisual jika hutan bukan pada kawasan taman nasional.
 

Pertanyaan 2: Bagaimana mengontrol gulma agar tidak berlebihan?
Jawaban: menggunaan pestisida organik atau anorganik; menyiangi: menerapkan bagian studi ekologi yaitu menggunakan allelopati suatu tumbuhan yang bersifat toksik pada gulma.

dari hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok 1 dapat disimpulkan bahwa pelunya mempelajari ekologi tumbuhan adalah sangat penting, karena kita mudah menerapkan secara langsung studi ini yang mengedepankan kelestarian suatu lingkungan...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar