Jumat, 25 November 2011

TUMBUHAN dalam LINGKUNGAN

Ringkasn pesentasi kelompok 2, tanggal 24 november 2011

"TUMBUHAN dalam LNGKUNGAN"
Presenter : Danang Putra dan Hasan Ibrahim
Moderator : Chico Pamal

Lingkungan merupakan tempat dimana makhluk hidup tinggal, menyesuaikan diri, dan saling berinteraksi membentuk suatu kehidupan.

Lingkungan dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Lingkungan makro: suatu lingkungan yang berpengaruh secara umum atau regional
  • Lingkungan mikro : lingkungan yang paling dekat dengan tanaman secara potensial berpengaruh terhadap organ tersebut.
di dalam suatu ekosistem terdapat beberapa faktor yang dapat menurunkan tingkat suatu jumlah ekosistem yang sering disebut faktor pembatas, faktor-faktor itu antara lain:
temperatur; radiasi cahaya; air; lamanya penyinaran; kelembaban; garam-garam biogenik; arus dan tekanan; tanah; dan api.

Ditinjau dari komponen yang terdiri dari makhluk hidup atau bukan makhluk hidup lingkungan dibagi menjadi 2, yaitu:
  • lingkungan biotik
  • lingkungan abiotik
Adaptasi yang dapat dilakukan  tumbuhan dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu
Adaptasi morfologi yaitu adaptasi tumbuhan dengan lingkungannya dengan cara menyesuaikan bentuk tubuhnya, contohnya pada bunga teratai,
Adaptasi fisiologi yaitu adaptasi tumbuhan dengan lingkungannya dengan cara menyesuaikan fungsi  dari struktur tubuhnya, contohnya pada kantong semar,
Adaptasi secara tingkah laku yaitu adaptasi yang dilakukan tumbuhan dengan cara menyesuaikan rangsangan yang mengenainya sehingga tumbuhan tersebut melakukan perilaku yang khas, contohnya yaitu pada putri malu.
Hasil Diskusi 
Pertanyaan: Apakah perbedaan adaptasi morfologi dan adaptasi fisiologi?apakah ada tumbuhan yang mempunyai 2 atau 3 adaptasi sekaligus?
Jawaban: adaptasi morfologi merupakan adaptasi yang lebih menekankan pada bentuk morfologinya untuk beradaptasi sedangkan kalau adaptasi fisiologis dilakukan tumbuhan dari segi tingkah laku dan biasanya difungsikan untuk melindungi diri.
Sangat jarang ditemukan tumbuhan memiliki 2 atau 3 adaptasi sekaligus, karena setiap tumbuhan mungkin memiliki adaptasi yang khas dari ketiga adaptasi tersebut.

Dari hasil presentasi dan diskusi kelompok 2 dapat disimpulkan bahwa setiap tumbuhan memiliki kemampuan adaptasi terhadap lingkungannya untuk saling berinteraksi. dari presentasi kelompk 2 ini saya mendapatkan sebuah refleksi diri terhadap kita semua "kalau tanaman bisa beradaptasi dengan lingkungannya untuk berinteraksi dengan berbagai macam adaptasi  walaupun lingkungan di sekitarnya berdampak buruk pada tanaman tersebut tetapi tanaman tersebut mampu memberikan sebuah tingkah yang menguntungkan bagi tanaman tersebut dan lingkungannya kenapa kita tidak mampu".^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar